Hello Semua. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tentang Debian 10 Administration. Seperti biasanya, saya akan membuat rangkain LAB terkait materi ini. Saya akan membuat LAB sesuai standar LKS SMK dalam bidang IT Network & Administration. Saya menggunakan VirtualBox untuk kebutuhan virtualisasi. Saya membuat LAB ini dengan langkah-langkah yang semudah mungkin dipahami, jadi siapa saja bisa mengikuti rangkaian LAB ini.

Saya membuat rangkain LAB ini, berdasarkan pengalaman saya ketika masih di bangku SMK. Saat itu saya berlatih untuk LKS bidang IT Network & Administration. LKS IT Network & Administration adalah lomba kompetensi yang menguji keahlian untuk menguasai Teknologi Jaringan (Network Technology) dan Server Administration pada siswa SMK. LKS bidang ini, ada beberapa modul yang dibagi menjadi beberapa sesi. Salah satu modulnya adalah Linux Administration.

Linux Administration merupakan modul yang membahas tentang penyediakan berbagai layanan seperti dukungan pengguna, instalasi atau upgrade, konfigurasi sistem operasi dan perangkat jaringan termasuk troubleshooting. Distro Linux yang sering digunakan dalam penyelenggaraan LKS adalah Sistem Operasi Debian. Dalam modul ini, kita akan diminta untuk mengkonfigurasi Debian sebagai Router dan Server. Konfigurasi pada Debian Router biasanya terdiri dari konfigurasi NAT, DHCP Server, hingga VPN Server. Sedangkan Debian Server biasanya terdiri dari Web Server, DNS Server, Mail Server, dan lain sebagainya.

Untuk memulai LAB, anda bisa mengikuti langkah-langkab berikut:

Introduction

Penyedian LAB

Instalasi Service

Note! Jika list belum terdapat link, berarti materi belum di posting.